BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »

Senin, 21 November 2011

STAGE MODIFIKASI MENURUT TRD


STAGE Modifikasi  Mobil Menurut TRD

 Mesin : Menurut Katalog TOYOTA RACING DEVELOPMENT  ada 4 Stage yaitu:

Stage-1 : Modifikasi yang menghasilkan Tambahan Tenaga 25 % dari Standard. Tujuannnya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keandalan mesin.

Stage-2 : Modifikasi yang menghasilkan Tenaga 40 % dari Standard Biasanya untuk Reli dan pembalap sirkuit kelas amatir.

Stage-3 : Modifikasi yang menghasilkan tambahan tenaga 70-100 %. Digunakan untuk Pereli/Pembalap profesional.

Stage-4: Modifikasi tenaga 100 % dan biasanya digunakan untuk Sprint Jarak Pendek dan Lurus dengan Kecepatan Supersonik.

·         Sasis : Modifikasi ini biasanya terkonsentrasi pada TRANSMISI dan SUSPENSI MOBIL

o    Transmisi, penggantian yang ekstrem adalah dari tipe standar ke tipe Close ratio (perbandingan setiap gigi dekat satu sama lain). Biasanya digunakan untuk : drag race, time attack, reli, dimana dibutuhkan perpindahan gigi tanpa mengurangi tenaga mesin.

o    Suspensi, modifikasi ini ada 2 aliran yaitu Jangkung dan Ceper,

Untuk Membuat Jangkung SUV/MPV anda perhatikan sudut ketinggian antara as kopel dan posisi gardan jangan terlalu curam, maka kemungkinan besar cross joint as kopel bisa cepat aus atau patah saat anda menggeber di medan yang buruk.

Untuk menjadi ceper dengan mengurangi ulir per keong atau per daun di pres rata atau kadang-kadang lengkungannya menjadi negatif.

Cara tersebut diatas sebaiknya jangan ditiru, karena Per Keong yang jumlah ulirnya dikurangi akan kehilangan fleksibilitas dalam meredam guncangan. Begitu juga per daun akan menjadi berkurang kelenturannya serta efek bantingan suspensi menjadi keras, Lebih baik mengganti dengan Per & Shock Absorser khusus (Coilover) ; ada beberapa merk : Tein, Eibach, H&R dsb.




0 komentar: