HEMAT CEPAT LOLOS UJI EMISI
BAGAIMANA CARANYA ?
3 IN 1 TIGA PERTANYAAN SATU JAWABAN :
EFISIENSI VOLUMETRIS :
perbandingan jumlah/densitas campuran udara & bahan bakar aktual dengan campuran yg dapat terhisap ke dalam silinder dalam proses pembakaran ( angka sempurna adalah 100%)
0
Ibarat manusia mesin juga bernafas, dg cara :
Saat intake valve terbuka dan piston melakukan langkah hisap dibutuhkan udara sebanyak banyaknya utk menghasilkan pembakaran yg optimal (Bahan Bakar se efisien mungkin),
tetapi pada kenyataanya jumlah/densitas udara yg masuk ke dalam silinder tidaklah 100% melainkan hanya sekitar 50 %* yang masuk ke silinder.
( * : Racing Automotiv Tuning)
0%)HAMBATAN EFISIENSI VOLUMETRIS :
1. Udara terhambat oleh adanya filter udara
Modifikasi : Pasang Filter udara Open Air
1. Udara terhambat oleh adanya filter udara
Modifikasi : Pasang Filter udara Open Air
2. Campuran Udara & Bahan Bakar terhambat gesekan kontur kasar dinding intake manifold
Modifikasi: Lakukan porting &polishing
3.Campuran Udara & BBM terhambat lubang klep/Valve yang kecil
Modifikasi : Memperbesar diameter Klep dan menambah jumlah klep (16/20/24 valve mobil lama hanya 8 valve)
(4.Campuran Udara & BBM juga terhambat oleh bukaan klep yg sangat singkat (short Timing)
Modifikasi : menambah waktu buka (timing) klep dg cara menambah derajat Camshaft (penggerak buka/tutup klep)
5.Campuran Udara & BBM juga rentan dg pengaruh Suhu yg tinggi.
Modifikasi : jalur pemasukan udara & bbm dijauhkan dari kompartemen mesin yang panas
Tambahan Modifikasi untuk penyempurnaan Efisiensi Volumetris :
1.Ignition Coil (Koil) Hight Performance/Racing tegangan sampai 100.000 Volt (Std 30.000 Volt)
2.Busi Hight Performance/Racing
Temperature elektroda busi sekitar 2000⁰C bahan yang direkomendasikan Iridium dengan design Elektroda untuk bidang bakar merata & sempurna
3. Kabel koil ke busi Hight Performance
mampu mengalirkan tegangan 100.000 Volt dari koil ke busi melalui distributor
tanpa ada kebocoran dan minim hambatan serta meredam ignition noise
4. Sistem gas buang/Knalpot : penyesuaian diameter Header dg Porting & Polish; Header 4-1 pendek/panjang atau 4-2-1 pendek/panjang; tabung tengah/silincer dg Scott/HotDog; Mufler racing atau tanpa mufler buang tengah....Sesuaikan dg Performa Mesin
selamat mencoba; karena ini ilmu bermanfaat silahkan di copas & disebarluaskan
0 komentar:
Posting Komentar